Sejarah Hot Wheels

Hot Wheels merupakan merek dari mobil diecast dengan skala kecil (1:64, 1:50, 1:43 dan 1:18) yang diperkenalkan pada tahun 1968, oleh produsen mainan asal Amerika bernama Mattel

Hot Wheels merupakan merek dari mobil diecast dengan skala kecil (1:64, 1:50, 1:43 dan 1:18) yang diperkenalkan pada tahun 1968, oleh produsen mainan asal Amerika bernama Mattel. Pada saat itu Mattel menjadi rival utama dari produsen mainan lainnya yaitu Tyco Toys dengan produk diecast dengan nama Matchbox. Nah akhirnya pada tahun 1997, Mattel membeli Tyco Toys sehingga Matchbox menjadi milik Mattel.

Banyak produsen otomotif telah melisensi Hot Wheels untuk membuat model skala mobil mereka, yang memungkinkan membuat blueprints (cetak biru) dan melakukan detailing produk. Tujuan awal dari Hot Wheels adalah membuat mainan untuk anak-anak dan remaja, namun menjadi populer untuk orang-orang dewasa sebagai benda yang dikoleksi, dari edisi terbatas sampai yang masih dibuat saat ini.
1968
Hot Wheels yang asli dibuat oleh Elliot Handler (dia adalah pendiri Mattel). Hot Wheels sendiri lebih ke mobil "hayalan", dibandingkan dengan Matchbox yang memiliki bentuk mobil "sungguhan". Pada 1968, Hot Wheels merilis 16 casting (bentuk mobil diecast), dimana 11 model didesain oleh Harry Bentley Bradley. Yang Pertama diproduksi adalah Custom Camaro biru tua. Bradley sendiri adalah desainer mobil dari industri mobil (produk mobil beneran, bukan mainan).
Custom Camaro
Pada 1968, produk pertama dari Hot Wheels dikenal dengan sebutan "The Original Sweet 16", yang merupakan seri Red Line pertama. Apa itu seri Red Line? yaitu mobil dengan roda yang memiliki garis merah di tepinya.
The Original Sweet 16
Red Line

Set Jalur Balap (Racing Track)
Selain membuat mobil, Mattel juga memproduksi jalur balap yang dijual terpisah. Meskipun tiap tahunnya memiliki variasi yang berbeda, namun jalur yang asli dari Mattel memiliki ciri khas berwarna oranye cerah (orange).

1969
Ternyata Hot Wheels sukses besar, hal ini memaksa kompetitor utamanya yaitu Matchbox dan juga produsen lainnya berpikir ulang tentang konsep mereka, dan berusaha merebut kembali dari apa yang telah Hot Wheels ambil (menguasai pasar). Harry Bentley Bradley tidak berpikir hal ini akan terjadi dan telah berhenti dari Mattel untuk kembali ke industri mobil. Ketika Harry kembali ke industri mobil, dia merekomendasikan teman baiknya, Ira Gilford. Gilford yang baru meninggalkan Chrysler, dengan cepat menerima pekerjaan sebagai desainer Hot Wheels selanjutnya. Beberapa mobil hebat Hot Wheels, seperti Twin Mill dan Splittin Image merupakan hasil karya dari papan gambar Ira Gilford.

Keberhasilan 1968 membawa pengaruh besar pada rilis 1969, dimana Hot Wheels secara mantap menjadi merek "terpanas" sebagai produsen mainan mobil kecil di Amerika. The Splittin Image, Torero, Turbofire dan Twin Mill merupakan bagian dari seri "Show & Go" dan adalah versi original pertama "in-house designs" oleh Hot Wheels.

Kisah "Beach Bomb" yang sekarang menjadi legenda
Prototipe awal "Beach Bomb" mengambil bentuk dari kendaraan VW Bus yang sebenarnya, dan memiliki dua papan selancar yang keluar melalui jendela belakang. Selama era Hot Wheels yang masih baru, Mattel ingin memastikan bahwa setiap mobil dapat dimainkan dengan permainan yang lain. Sayangnya pengujian memberikan hasil bahwa versi prototipe (yang sekarang dikenal sebagai "Rear-Loader Beach Bomb"/RLBB) terlalu sempit untuk melewati jalur Hot Wheels, atau yang didukung dengan Super Charger, juga terlalu berat untuk dapat berpadu dengan belokan jalur yang memerlukan kecepatan tinggi.
Rear-Loader Beach Bomb
Perancang Hot Wheels, Howard Rees dan Larry Wood memodifikasi, dengan memperluas fender samping agar sesuai dengan lebar lintasan, serta menyediakan tempat baru pada kendaraan untuk menyimpan setiap papan selancar plastiknya. Atapnya juga dipotong dan diganti dengan sunroof panjang sepenuhnya untuk mengurangi berat dari pada mobil. Dijuluki "Side-loader" oleh para kolektor, inilah produk versi dari Beach Bomb.
Side-Loader Beach Bomb
Sesuatu yang tidak terduga dari "Beach Bomb" 
"The Rear-Loader Beach Bomb" (alias Beach Bomb dengan loader papan selancar di belakang) secara luas dijuluki sebagai "Holy Grail" oleh para kolektor Hot Wheels. Dengan identitas tanpa nomor, dijadikan subjek uji dan diberikan kepada karyawan. Nah untuk Harga dari produksi reguler dari Beach Bomb mungkin bisa bernilai sampai $600, tergantung kondisinya. Bahkan, di pasaran harga RLBB dengan mudah mencapai $70.000 sampai $120.000. Museum Otomotif Petersen di Los Angeles memiliki RLBB berwarna merah muda di pameran Hot Wheels-nya. Mobil tersebut dipajang pada penyangga yang berputar bak permata yang berharga. The Hot Wheels Collectors Club merilis versi baru dari RLBB pada 2002 sebagai edisi terbatas.

1970an
1970 adalah tahun pertama untuk Hot Wheels, jadi Mattel memiliki sebuah slogan baru "Go With the Winner". 43 mobil baru muncul di tahun ini. Pada tahun ini terdapat desainer baru yang bernama Larry Wood, desain pertamanya yaitu Tri-Baby.
Tri-Baby
Desainer lain, Paul Tam, bergabung dengan Wood dan Gilford. Desain pertama Tam adalah Whip Creamer. Tam terus bekerja untuk Mattel sampai tahun 1973. Di antara banyak desain futuristik yang dibuat Tam, beberapa yang menjadi favorit kolektor terdapat Evil Weevil (sebuah Volkswagen dengan dua mesin), Open Fire (sebuah AMC Gremlin dengan enam roda), Six Shooter (mobil beroda enam lainnya), dan Header Double langka (dirancang bersama dengan Larry Wood).

Bagaimanapun 1972 dan 1973 merupakan tahun yang lambat. Hanya 7 model baru yang dibuat pada 1972. Pada 1973, dari 24 model yang muncul, hanya 3 model yang baru.

Pada tahun 1974, Hot Wheels memperkenalkan seri Flying Colors-nya, dan menambahkan dekorasi mencolok dan desain cat tampo-cetak yang membantu merevitalisasi penjualan. 

Pada tahun 1977, seri Redline Wheel dihapus. Hal ini mampu memangkas biaya produksi, namun malah mencerminkan popularitas pada era mobil berotot tidak lagi eksis. Selama periode ini tren mobil liar telah tiada dan berganti dengan mobil realistis dan truk.

1978-1988
Pada 1980an Hot Wheels mengeluarkan seri baru dengan sebutan Hot Ones. Pada 1981, roda jenis Hot Ones diperkenalkan, dimana roda ini memiliki cat berwarna emas (Gold Hot Ones/GHO), poros yang tipis agar melaju kencang, dan suspensi tambahan. Pada 1984, muncul jenis roda baru dengan nama Ultra Hot (UH) dimana memberikan peningkatan kecepatan lainnya.


Pada 1980an ini, Hot Wheels menawarkan model dengan desain mobil sport dan ekonomi, seperti Pontiac Fiero atau Dodge Omni 024. Pada 1983, sebuah gaya baru diperkenalkan yaitu disebut Real Riders, yang memiliki ciri ban terbuat dari karet. Ya memang Real Riders sangat populer, namun hanya berumur pendek karena biaya yang tinggi untuk memproduksinya. Nah pada akhir 1980an, paket blister Blue Card diperkenalkan, dimana menjadi basis card yang terus digunakan sampai saat ini.

Masih di 1980, dua inovasi lainnya diperkenalkan secara singkat, yaitu "Color Change Paint" dan "Crash Panel" (Crack-Ups). "Color Change Paint" yaitu warna yang bisa berganti-ganti dengan mencelupkan ke air bersuhu panas atau dingin. "Crash Panel" (Crack-Ups) adalah kendaraan dengan panel dimana panel ini jika terjadi kontak (ditabrak) akan berputar dan memperlihatkan sisi yang rusak pada mobil.
Crack Ups

Lanjutan Sejarah Hot Wheels >>> Lanjutan

Sumber : Wikipedia
(dengan penerjemahan bahasa agar lebih enak dibaca)

COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Name

Bahasa Indonesia,1,Diecast Info,9,Diecast News,8,Diecast Reviews,13,Diecast Unik,5,Dunia Kita,4,Forex,17,Game,10,Info Penting,12,Internet,15,Jaringan Komputer,3,Lain-Lain,1,Linux,8,PHP,1,Serba-Serbi Diecast,6,Software,12,Tentang PC,8,
ltr
item
Wividiecast: Sejarah Hot Wheels
Sejarah Hot Wheels
Hot Wheels merupakan merek dari mobil diecast dengan skala kecil (1:64, 1:50, 1:43 dan 1:18) yang diperkenalkan pada tahun 1968, oleh produsen mainan asal Amerika bernama Mattel
https://1.bp.blogspot.com/-oVqI554IcBQ/WpFXpx4Z31I/AAAAAAAABYg/VgmUxcapSy0NcK-NWTwANS1AmAfs8o6dgCEwYBhgL/s320/mobil%2Bpertama%2Bhotwheels.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-oVqI554IcBQ/WpFXpx4Z31I/AAAAAAAABYg/VgmUxcapSy0NcK-NWTwANS1AmAfs8o6dgCEwYBhgL/s72-c/mobil%2Bpertama%2Bhotwheels.jpg
Wividiecast
http://www.wividiecast.com/2018/02/sejarah-hot-wheels.html
http://www.wividiecast.com/
http://www.wividiecast.com/
http://www.wividiecast.com/2018/02/sejarah-hot-wheels.html
false
8792965523746875889
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy